6 Suka dan Duka Kuliah Sambil Kerja


6 Suka dan Duka Kuliah Sambil Kerja


6 Suka dan Duka Kuliah Sambil Kerja - Mungkin dari anda ada yang baru tamat sekolah dan ingin kuliah sambil kerja atau ada yang sudah bekerja namun membutuhkan ijazah untuk naik jabatan. Mungkin anda harus baca dulu artikel 6 Suka dan Duka Kuliah Sambil Kerja ini yang pastinya bakalan anda rasakan ketika nanti sudah menjalaninya.

6 Suka dan Duka Kuliah Sambil Kerja


Mungkin ada baiknya jika kita memulai dari Suka nya dulu ya?

1. Ada Rasa Bangga dalam Diri

6 Suka dan Duka Kuliah Sambil Kerja


Ya mungkin sebagian dari kita ada yang menjalani kuliah sambil kerja karena disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yang paling sering kita jumpai adalah karena ekonomi orang tua yang tidak memungkinkan kita untuk kuliah. Jadi mau tidak mau ya harus kuliah sambil kerja. Semua kebutuhan kuliah ditanggung sendiri dari hasil bekerjanya. 

Baca Juga7 Hal yang Paling Menyebalkan saat Berlalu Lintas

Walaupun begitu, kita tidak perlu berkecil hati. Justru kita harus berbesar hati karena kita bisa membiayai hidup kita sendiri. Apalagi yang anak perantauan, pastinya bakalan sulit karena jauh dari orang tua. Namun harus tetap yakin, kalau niatnya baik, pasti hasilnya juga akan baik.

2. Menjadi Pribadi yang dewasa


6 Suka dan Duka Kuliah Sambil Kerja

Mengapa saya katakan menjadi Pribadi yang dewasa? Karena setiap harinya kita menjalani 2 kegiatan yang berbeda, dan Fokus kita juga harus kita bagi tentunya. Kita Menghadapi semua situasi berbarengan, paginya situasi ditempat kerja dan malamnya situasi di Kampus tempat kuliah. Hal ini membuat kita menjadi pribadi yang dewasa, karena membuat kita dapat berfikir secara cepat dan lebih berhati-hati dalam berbuat.

3. Bisa membeli apa saja yang diinginkan (sesuai Income)

6 Suka dan Duka Kuliah Sambil Kerja


Tentu saja orang yang kuliah sambil kerja bisa membeli apa yang diinginkannya (sesuai income). Kenapa? Karena sudah punya penghasilan sendiri tentunya, lain halnya dengan yang kuliah dibiayai orang tua. Harus menabung dulu jika ingin sesuatu.

Nah, itulah 3 Suka kuliah sambil kerja, selanjutnya kita akan membahas tentang 3 Duka nya. Tentu gak adil Jika kita hanya bicara suka tapi duka nya tidak ikut bukan? Baiklah, mari kita lanjut dibawah ini 3 Duka kuliah sambil kerja.

1. Kurang Tidur

6 Suka dan Duka Kuliah Sambil Kerja


Hehe, mengapa yang pertama saya pilih kurang tidur? Karena pagi jam 5 kita harus bangun, shalat subuh (bagi yang muslim), beres-beres, mandi dan sarapan. Tentu begini setiap harinya, bakal menjadi kegiatan rutin. Anda tidak akan mendapatkan waktu untuk tidur siang, karena siang anda dalam keadaan bekerja.

Baca JugaPenembakan John F Kennedy Berhubungan Dengan Masuknya Freeport ke Indonesia

Lalu bagaimana dengan malam? Tentu saat malam waktu tidur anda akan sedikit molor. Kenapa? Karena pulang kuliah jam 9.00 PM, sampe kerumah kita hitunglah jam 9.30 PM, kemudian sampai dirumah, kita pasti bersih-bersih dulu, shalat isya dsb. Kita hitunglah jam 10.00 PM kita berbaring ditempat tidur. Yang jadi pertanyaan, apa anda bisa langsung tidur? Pastinya Anda akan main handphone dulu. Kalau saya si terkadang sampai jam 11.00 PM baru tidur. Hehe.

Itulah saya katakan orang yang kuliah sambil bekerja akan kurang tidur. Ini 99% dialami oleh Orang yang melaksanakan Kuliah Sambil Kerja.

2. Setiap harinya merasakan Lelah

6 Suka dan Duka Kuliah Sambil Kerja


Tentu Lelah akan menjadi sahabat dekat anda setiap hari. Dengan kegiatan yang super padat, ditambah tidak adanya waktu istirahat akan membuat anda lelah setiap hari. Hari minggu pun anda tidak sempat istirahat, karena bakalan anda gunakan untuk mengerjakan tugas kuliah yang diberikan dosen anda.

3. Sering Gagal Fokus

6 Suka dan Duka Kuliah Sambil Kerja


Tentu gagal fokus akan sering anda alami ditempat anda bekerja maupun dikampus tempat anda kuliah. Saat bekerja pasti anda akan mengalami masa dimana sulit berfikir untuk memcahkan masalah. Dan pastinya anda akan merefresh fikiran dahulu dengan cara main game dikantor ataupun menghirup udara sebentar (Saya banget, haha).

Bagaimana dengan di Kampus? Anda akan sulit mencerna materi pelajaran yang diberikan Dosen. Harus benar-benar Fokus untuk paham apa yang Dosen Ajarkan. Apalagi jika Mata Kuliah nya tentang Pemrograman. Hadeh, Saya juga angkat tangan kalau sudah mata kuliah pemrograman. Namun hal ini tidak sulit jika kita benar-benar konsentrasi menerima pelajaran nya, karena mau bagaimanapun kuliah malam itu sedikit lebih santai ketimbang kuliah pagi.

Baca Juga 7 Fakta Baik tentang Jomblo

Nah, jadi itulah 6 Suka Duka yang akan anda alami Jika Kuliah Sambil bekerja. Mudah-mudahan Artikel ini dapat memberika gambaran untuk anda yang ingin kuliah sambil bekerja. Jadikan Motivasi dan tetap yakin bahwa kita bisa menjalaninya.
Previous
Next Post »