Kenali Penyebab Utama Sakit Jantung Koroner



Kenali Penyebab Utama Sakit Jantung Koroner - Penyakit jantung diketahui banyak jenisnya, misalnya penyakit jantung bocor, jantung lemah, jantung koroner dan lainnya. Kali kita akan membahas tentang Kenali Penyebab Utama Sakit Jantung Koroner

Kenali Penyebab Utama Sakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner merupakan problema di banyak Negara. Baik maju, berkembang atau miskin. Untuk di Indonesia sudah banyak mengalami pergeseran terjadi yaitu ada tahun 1980 mendapat urutan ke 10, tahun 1986 menduduki peringkat ke-8. 

Kenali Penyebab Utama Sakit Jantung Koroner

Untuk masalah kematian di Indonesia penyakit Jantung telah menyumbangkan banyak angka kematian yaitu menempati posisi 3 dan sekarang menduduki peringkat pertama. Dengan melihat data tersebut, pastinya kita sangat miris melihatnya, maka dari itu harus segera mencegah agar tidak terjadi hal yg lebih parah dari itu. 

Maka dari pemerintah sudah membagi cara untuk pencegahan yaitu dengan pencegahan primer maupun skunder. Pencegahan primer ditujukan pada mereka yang sehat tetapi memilki resiko yang tinggi, sedangkan untuk pencegahan sekunder yaitu upaya jika memburuknya situasi secara klinis. 

Penelitian selama 50 tahun lebih guna untuk mengatasi dan mengurangi angka kematian karena Penyakit jantung koroner. Pada sebuah penelitian epidemiologis akhirnya mendapatkan hubungan yang sangat jelas. Hubungan ini adalah antara kematian dengan pengaruh keadaan social, kebiasaan merokok, pola makan dan diet, pola hidup dan lainnya

Penyakit Jantung koroner adalah penyakit mematikan, maka dari itu kita harus mengenali dan bahkan jangan sampai menimpa ke kita dan keluarga. Untuk penyakit Jantung koroner pada pria sedikit beda dibandingkan dengan wanita. 
Kenali Penyebab Utama Sakit Jantung Koroner
Gejala jantung koroner pada wanita berupa nafas yang sesak. Bila sakit, serangannya lebih pada perut atau punggung bawah dan di barengi dengan mual. Untuk masalah sakit tidak hanya di jantung bagian kiri saja melainkan juga merambat ke kanan. 

Untuk diagnose penyakit ini sulit dikenali karena gejalanya seperti penyakit umumnya, seperti pada wanita yaitu menopause, berdebar – debar, keringat dingin dan lainnya. mulailah untuk memeriksakan sedini mungkin jika ditengarai timbul gejala penyakit jantung walaupun masih awal.

Untuk jelasnya mengenai Jantung koroner disebabkan oleh apa bisa kita baca berikut. 

Di awal mula penyakit jantung koroner disebabkan adanya penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah jantung atau pembuluh koroner. Lama kelamaan diikuti berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, pembekuan darah, pengapuran, atau yang lainya. 

Kesemua hal itu dapat mengakibatkan otot jantung mengalamin kekurangan aliran darah dan pada akhirnya berakibat fatal, mulai dari angina pektoris sampai infark jantung, yang dalam masyarakat di kenal serangan jantung mendadak. 

Kenali Penyebab Utama Sakit Jantung Koroner

Berikut ini adalah beberapa faktor resiko terpenting yang dapat mengakibatkan penyakit Jantung Koroner:

1. Kolesterol jahat tinggi (LDL)
2. Kolesterol baik (HDL) rendah
3. Tekanan darah tinggi atau hipertensi
4. Merokok baik aktif maupun pasif
5. Kencing manis
6. Obesitas atau Kegemukan
7. Riwayat penyakit yang sama atau turunan
8. Olahraga yang kurang
9. Stress

Itulah Artikel tentang Kenali Penyebab Utama Sakit Jantung Koroner.  Jika kita memiliki resiko diatas maka sebaiknya segera periksakan dengan berkala kesehatan atau kondisi jantung kita. Jika kita menemukan 2 atau lebih factor diatas maka sebaiknya harus segera mencegah dan memulai gaya hidup baru agar terhindar dari Penyakit Jantung Koroner ini.

Gaya Hidup Lainnya :


Previous
Next Post »